Anies Bakal Siapkan Fasilitas Infrastruktur 5G di Jakarta

ian/RN/JD
Jumat, 27 Agustus 2021 - 09:53 WIB
Anies Baswedan
jakartadaily.net

JD - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan bahwa penggunaan media digital untuk kegiatan ekonomi di Ibu Kota sudah sangat tinggi. Menurutnya, salah satu yang menjadi penyelamat di masa pandemi ini adalah karena ketersambungan dengan media digital.

Di sisi lain, teknologi jaringan kelima atau 5G sudah hadir di Indonesia. Anies menambahkan, kehadiran 5G akan membuat interaksi digital akan jauh lebih efisien dan lebih masif.

"Kami menyambut baik kehadiran 5G. Harapannya bisa membuat kegiatan perekonomian kita bergerak lebih cepat lagi," kata Anies, Kamis (26/8/2021).

Kehadiran 5G digadang mampu membawa perubahan pada tiga hal, yakni kecepatan yang lebih unggul dari 4G, latensi lebih rendah dari 4G, dan perangkat yang bisa terhubung pada saat bersamaan juga jauh lebih banyak sehingga bisa melayani lebih banyak Internet of Things (IoT).

Pemerintah sendiri terus menggalakkan industri 4.0. Kehadiran 5G dipercaya dapat memenuhi kebutuhan oleh industri sehingga bisa bertahan dan terus berkembang.

Anies menjelaskan, 5G akan dimanfaatkan oleh Pemprov DKI untuk menunjang program smart city dan smart goverment. Selain itu, masyarakat Jakarta juga diklaim Anies memiliki literasi digital yang relatif lebih tinggi.

"Sehingga kehadiran 5G akan langsung disambut untuk dioptimalkan," tambahnya.

Anies juga menegaskan, secara umum infrastruktur di Jakarta akan membantu memfasilitasi kebutuhan 5G. "Untuk pembangunan infrastruktur 5G kami dengan senang hati membantu memfasilitasi, agar pelayanan bisa lebih baik," tegasnya.

BERITA TERKAIT :